JAKARTA, zonabisnis.id – Sebanyak 25 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menawarkan cita rasa khas Indonesia di FIFestival Street Food 2024.
Even pameran kuliner binaan FIFGROUP ini digelar selama dua hari, yaitu pada tanggal 28 hingga 29 November 2024 di Assembly Point Area, Menara FIF, Jakarta Selatan.
Direktur FIFGROUP, Setia Budi Tarigan, menegaskan, FIFGROUP memiliki komitmen penuh dalam memberikan kontribusinya untuk pengembangan UMKM.
“Kami percaya bahwa UMKM memiliki potensi besar dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Budi Tarigan.
Ia menambahkan, melalui FIFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP 2024, pihaknya berharap UMKM binaan dapat memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan daya saing, memperluas jaringan, dan mencapai pengembangan usaha yang lebih besar.
Sebelumnya, pada 10-11 Juli 2024, gelaran yang juga dilakukan FIFGROUP. Saat itu menghadirkan 15 tenant UMKM, berhasil menarik lebih dari 1.000 pengunjung, meningkat sebesar 32,06% dibandingkan dengan gelaran tahun 2023.
Tidak hanya itu, gelaran pertama di tahun 2024 tersebut juga mencatatkan capaian transaksi UMKM lebih dari Rp119 juta, tumbuh 58,42% dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp75 juta.
Gelaran kedua FIFestival Street Food UMKM Binaan FIFGROUP di tahun 2024 ini mencatat peningkatan jumlah tenant menjadi 25 UMKM, menawarkan pengalaman kuliner yang lebih beragam.
Baca juga:
- Target Tercapai, FIFGROUP Bukukan Nilai Transaksi Rp 6,8 Miliar di IMOS 2024
- PPN 12 % Dinilai Mencekik, Masyarakat Beralih ke Frugal Living
FIFGROUP menargetkan lebih dari 1.100 pengunjung dengan potensi transaksi mencapai Rp125 juta, meningkat sebesar 5% dibandingkan gelaran pertamanya di tahun 2024.
Sebagai pembeda, FIFestival kali ini memperluas cakupannya dengan menghadirkan program spesial, FIFriendibility Inspiration Talk bertema “Setara dalam Berkarya: Merangkul Keselarasan untuk Kreativitas.”
Program ini menjadi langkah nyata FIFGROUP dalam mendukung inklusi sosial dan pemberdayaan komunitas, terutama bagi penyandang disabilitas.
Tidak hanya itu, untuk pertama kalinya, UMKM dari Kampung Berseri Astra (KBA) Binaan FIFGROUP turut berpartisipasi, memperkuat semangat pemberdayaan masyarakat lokal di kawasan KBA.
Keterlibatan ini melengkapi kehadiran 15 UMKM Binaan FIFGROUP lainnya yang dipilih berdasarkan kriteria khusus, seperti kemampuan menjaga kelancaran pengembalian dana bergulir dan komitmen tinggi untuk terus mengembangkan usahanya.
Selain UMKM binaan, FIFGROUP juga memberikan ruang bagi UMKM dari berbagai latar belakang, seperti UMKM yang dikelola Yayasan Sahabat Disabilitas Chesire, UMKM dari program FIFpreneur, yaitu inisiatif pembinaan untuk karyawan yang sedang mempersiapkan masa purnabakti, hingga UMKM yang dikelola oleh karyawan internal FIFGROUP.
Tidak ketinggalan, booth Koperasi FIF2000 menambah keseruan acara dengan menawarkan program spesial bagi karyawan internal yang mengajukan pinjaman ready cash selama pagelaran ini, termasuk hadiah berupa sembako, jaket, dan helm.
Perhelatan ini diharapkan mampu mendorong kesempatan dan keberanian UMKM binaan dalam memiliki jiwa bersaing serta membuka kesempatan bagi para pelaku UMKM yang menjadi binaan FIFGROUP untuk menjajakan produknya.
FIFestival menjadi kegiatan yang menarik dan seru untuk dikunjungi baik itu karyawan internal maupun masyarakat sekitar yang ingin membeli sarapan, camilan atau nongkrong dan makan siang.
Penulis: Joko || Editor: Nurwiyanto || Foto: istimewa
No Responses