
LABUAN BAJO, zonabisnis.id – Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk terutama kepada Irwan Hidayat yang telah memperkenalkan dan mengajak masyarakat luas datang ke Labuan Bajo melalui iklan di televisi.
Edistasius menyebut dukungan Sido Muncul melalui iklan televisi “Ayo ke Labuan Bajo” merupakan pondasi penting dalam pertumbuhan pariwisata Labuan Bajo hingga saat ini.
Penegasan ini disampaikan Bupati Edistasius Endi, saat menyerahkan secara langsung pengargaan kepada Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat, yang disaksikan Uskup Labuan Bajo Mgr Maximus Regus Pr, yang bertepatan dengan pembukaan Festival Golokoe Maria Assumpta Nusantara Labuan Bajo 2024 di Labuan Bajo Waterfront Marina Area, Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (10/8/2024).
“Tahun 2023 lalu, jumlah kunjungan khususnya lewat transportasi udara dengan jumlah hampir 900 ribu pengunjung itu karena ada campur tangan dari bapak Irwan memperkenalkan Labuan Bajo,” katanya.
Ia berharap, satu tahun ke depan setidaknya kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo minimal 1 juta pengunjung. Kalau jumlah pengunjung bisa 1 juta, akan berdampak pada berbagai sektor dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengungkapkan, perkembangan pariwisata di Labuan Bajo saat ini membuatnya ikut bahagia.
Menurutnya, 14 tahun sudah berlalu dan begitu banyak yang berubah di Labuan Bajo. Dirinya menyaksikan adanya semangat perubahan, semangat untuk menjadi tuan rumah di tanah sendiri yang tumbuh dengan baik di masyarakat. “Maka itu, saya terharu sekali mendapatkan penghargaan ini,” kata Irwan Hidayat.
Baca juga:
- Menunggu Jurus AstraPay Terobos Dua Mini Market Terbesar di Indonesia
- Pembiayaan Multifinance Tumbuh Jadi Rp 492,17 Triliun
Di hadapan Bupati Manggarai Barat, Uskup Labuan Bajo Mgr Maximus Regus Pr. dan para tamu undangan, Irwan Hidayat menceritakan pengalaman pertama datang ke Labuan Bajo dan membuat iklan produk Kuku Bima yang mengangkat pariwisata Labuan Bajo.
Waktu itu Sido Muncul melalui produk Kuku Bima memiliki program membuat iklan pariwisata. Pada bulan Februari, Irwan Hidayat melakukan survei. Selanjutnya, dirinya bersama rombongan Chris John, Rieke Diah Pitaloka, Shanti, Olga Lidya dan teman-teman yang lain ke Labuan Bajo pada bulan Maret.
“Waktu itu airport-nya masih seperti rumah. Tapi ada yang mengesankan saya, ada tulisan Selamat Datang Bapak Irwan Hidayat dan saya disambut dengan tari-tarian,” ungkap Irwan.
Setelah itu, lanjutnya, Irwan menyadari bahwa dirinya telah memilih tempat yang tepat. Labuan Bajo tempatnya indah, lautnya hebat.
“Saya suka, masyarakatnya yang sangat ramah. Saya punya teman-teman baik orang Flores, orang Labuan Bajo. Jadi, saya buat iklan tahun 2010, 2011, dan tahun 2024,” katanya.
Terkait alasan mengiklankan Labuan Bajo, menurut Irwan Hidayat, karena dirinya percaya, Indonesia itu bisa hidup dan bisa kaya dengan pariwisata. “Semua yang ada di sini adalah ciptaan Tuhan,” ujarnya.
Baca juga:
- Selama 2024, 14 Bank Bangkrut dan Dicabut Izin Usahanya
- Semen Baturaja Catatkan Volume Penjualan Sebanyak 928.600 Ton
Perjalanan Iklan Labuan Bajo
Tahun 2010, Kuku Bima membuat iklan dengan versi “Ayo ke Labuan Bajo” yang menampilkan wilayah Manggarai Barat. Lokasi pengambilan gambar dilakukan di Bukit Melo, Pantai Kanawa, dan Pulau Komodo dengan Brand Ambassador-nya Donny Kesuma, Chris John, Rieke Diah Pitaloka, Shanti dan Olga Lidya.
Iklan ini sukses dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo. Terbukti dengan meningkatnya kunjungan wisatawan asing maupun wisatawan domestik ke Labuan Bajo yang awalnya hanya 3.000 wisatawan menjadi 11.000
Tahun 2011, Kuku Bima kembali membuat iklan “Ayo ke Labuan Bajo” versi kedua, dengan mengedepankan daerah pariwisata yang ramah lingkungan dan tetap menghargai budaya Manggarai dengan menampilkan daerah-daerah yang menawan di Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Nanda.
Lokasi menarik itu seperti Air Terjun Cunca Wulang, Pulau Komodo, yang menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia, dan daerah-daerah pantai seperti Pink Beach, Takamakasa, Spider Rice Field di Lembor, yang merupakan satu-satunya daerah persawahan dengan bentuk menyerupai jaring laba-laba dan kampung Bena di Bajawa.
Selain menggandeng para bintang iklan sebelumnya, Kuku Bima mengajak Denada Tambunan untuk ikut menjadi bagian pada iklan pariwisata.
Di tahun 2024 ini, Kuku Bima Bersama Wonderful Indonesia menggandeng pemain Timnas Indonesia M. Ferrari, Dewangga, dan Kadek Agung menghadirkan iklan pariwisata “Explore Labuan Bajo” yang menyoroti keindahan Pulau padar, Manjarite, Pulau Komodo, dan Pink Beach.
Selain iklan versi Labuan Bajo, Sido Muncul juga telah membuat iklan yang mengangkat budaya dan pariwisata di Indonesia melalui produk Kuku Bima dengan berbagai versi yaitu Batik, Tari Pendet, Tari Sajojo di Papua, Pesona NTT, Pulau Sumba Seri Nusantara, Ayo ke Semarang, Jogja Istimewa, dan Danau Toba.
Penulis: Joko | Editor: Nurwiyanto | Foto: istimewa
No Responses