Astra-Toyota Perkuat Kemitraan di Bisnis Mobil Bekas, Suntik Dana Rp2 Triliun

JAKARTA, zonabisnis.id – Astra dan Toyota memperkuat kemitraan dan kolaborasi di bisnis mobil bekas (used car) di Indonesia melalui kemitraan di PT Astra Digital Mobil (ADMO).

Toyota Motor Asia (Singapore) Pte. Ltd. (TMA), telah membeli 40% saham di ADMO.

Pembelian TMA dilakukan melalui pembelian saham baru dan saham existing, dengan nilai total sebesar US$120 juta atau sekitar Rp2 triliun.

Setelah transaksi ini terjadi, Astra melalui PT Astra Digital Internasional (ADI) tetap memiliki kontrol atas ADMO dengan kepemilikan saham sebesar 60%.

ADMO memiliki OLX.co.id dan OLXmobbi, melalui anak perusahaannya. OLX.co.id merupakan salah satu platform iklan baris digital terbesar untuk jual beli barang bekas dan jasa di Indonesia.

OLXmobbi merupakan bisnis mobil bekas yang menggunakan model online-to-offline, yang memiliki lebih dari 30 store dan inspection center yang tersebar di 10 kota besar di Indonesia.

“Kami secara terus menerus melakukan optimalisasi terhadap bisnis inti kami dan sekaligus aktif berinvestasi pada bisnis yang memiliki skala yang dapat ditingkatkan dan peluang pertumbuhan yang tinggi,” ujar Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro.

Ia menambahkan, pasar mobil bekas di Indonesia sebagian besar masih terfragmentasi, sehingga memiliki potensi besar untuk menciptakan nilai dalam skala yang juga besar.

Penulis: Joko || Editor: Nurwiyanto || Foto: istimewa

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses