
JAKARTA, zonabisnis.id – Koperasi Simpan Pinjam Credit Union (KSP CU) Hatirongga Nahobas merupakan salah satu koperasi yang dibina Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara, dalam pengelolaan koperasi dan sertifikasi di tingkat manajemen dan pengurus.
KSP CU Hatirongga Nahobas yang berada di Kota Pematang Siantar dan berdiri sejak tahun 2004 ini mendapat banyak masukan mengenai perkuatan permodalan dengan tarif rendah dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM).
Melalui lembaga keuangan di bawah Kementerian Koperasi dan UKM, KSP CU Hatirongga Nahobas mempercayakan LPDB-KUMKM sebagai lembaga yang mendukung koperasi dalam pemenuhan ketersediaan modal usaha.
Di bulan Juni 2022, KSP CU Hatirongga Nahobas mendapat pinjaman sebesar Rp1,78 miliar yang digunakan untuk peningkatan produktivitas usaha melalui Tabungan Untuk Pendidikan Anak (TUPPAK), Simpanan Partolu Bulanan/Berjangka (SITULAN), dan Simpanan Reguler.
Ketua KSP CU Hatirongga Nahobas Aliumri Purba mengatakan, manajemen dan pengurus koperasi terus mendukung usaha anggota dengan melakukan berbagai pembinaan secara lintas sektoral.
Koperasi juga tetap berkoordinasi dan komunikasi dengan LPDB-KUMKM, karena menganggap pelayanan LPDB-KUMKM lebih transparan, akuntabel, menawarkan bunga rendah, dan tenor pinjaman yang relatif panjang.
Aliumri mengatakan, saat ini koperasi memiliki total anggota 7.000 orang, dengan jumlah karyawan sebanyak 27 orang dari 1 kantor pusat dan 3 kantor cabang. Pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada anggota melalui kemajuan teknologi. Saat ini, koperasi menggunakan aplikasi yakni Be Union III, yang dapat memantau jumlah tabungan dan pinjaman anggota secara update.
Selain itu, lanjut Ali, koperasi juga sedang membangun aplikasi mobile untuk anggota, yang harapannya dapat memudahkan anggota dalam mengecek saldo tabungan dan riwayat pinjaman, serta fitur-fitur tambahan yang tujuannya dapat mempersingkat proses transaksi anggota kepada koperasi, dan sebaliknya.
Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo menekankan pentingnya memberikan pelayanan prima kepada mitra dan calon mitra LPDB-KUMKM.
Melalui pelayanan yang baik, cepat, ramah, dan memberi solusi terbaik dalam menjawab kebutuhan mitra, seluruh pegawai LPDB-KUMKM diminta untuk terus berpegang pada kebijakan dan prosedur yang ditetapkan.
Menjunjung tinggi integritas juga menjadi poin penting dalam mengemban visi dan misinya kepada masyarakat, khususnya sebagai lembaga pemerintah yang melayani kepentingan publik.
Sumber: Joko | Editor: Nurwiyanto | Foto: istimewa
No Responses